Resume Pancasila Sebagai Dasar Pembanguna Indonesia Emas

23102008_Niza Rakhmatun Nisa'_k31

FEBTD-S1 Manajemen

Pemateri : Bapak Mukarim (Darul Ulum Jombang)

Isi materi :
Peneguhan Nilai-nilai Pancasila dalam Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas. Bonus demografi yang besar yaitu jumlah penduduk yang pada masa usia produktif.

Yang harus dilakukan adalah :
Menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk menerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045.

•Pembangunan Dalam Perspektif Pancasila
Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti (core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi, dan perubahan lingkungan.
Kelima nilai-nilai inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah laku segenap warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif.

• Peran Nahdlatul Ulama dalam membangun -moralitas bangsa menuju Indonesia emas
Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama ras dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila.

• Menuju Indonesia emas ke depan kita harus meneguhkan Pancasila kembali dengan menerapkan nilai-nilai dasar negara dan sebagai pondasi.




Lihat juga blog teman saya : Djingga.blog


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem 1445 H

Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa

Resume Mahasiswa UNUSA Dalam Generasi ASWAJA An-Nahdliyah